Sumur Resapan dengan Tangki Modular

Infiltration Tank small

Sumur Resapan adalah sistem resapan buatan yang berfungsi sebagai penampung air hujan, dapat berupa sumur, parit atau alur taman resapan. Kewajiban pembuatan sumur resapan bagi warga Jakarta telah diatur berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) No 17/1996.

Namun dalam prakteknya, peraturan tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana diharapkan, sehingga permasalahan air tanah di Jakarta telah mencapai titik kritis bahkan air tanah di Jakarta sudah tercemar dan tidak layak dikonsumsi.

Berbagai langkah telah dilakukan oleh pemerintah daerah seperti pencanangan gerakan 5R, yaitu reduce (menghemat), reuserecycle (mengolah kembali), recharge (mengisi kembali), dan recovery (memfungsikan kembali) sebagai satu upaya menjaga kelestarian cadangan air dan reuse (enggunakan kembali) untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi warga Ibu Kota.

Tangki Modular

Apabila ditelusuri akar permasalahan mengapa berbagai upaya dan himbauan bahkan peraturan tidak dapat berjalan dengan baik, selain masalah kesadaran masyarakat, ternyata teknologi yang dianut selama ini untuk membuat sumur resapan masih mengadopsi teknologi lama sehingga sangat tidak praktis dan relatif mahal biayanya.

VersiTank

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini telah ditemukan sistim pembuatan sumur resapan modern dengan menggunakan tangki modular dari bahan polimer (plastik). Tidak seperti tangki model lama yang terbuat dari beton berlubang-lubang, tangki modern ini berbentuk kotak dan memiliki tingkat porositas (tembus air) yang sangat besar yaitu diatas 90%.

Kelebihan

Berbagai kelebihan tangki modular ini antara lain:

  • Sangat praktis karena datang dalam bentuk terurai, tinggal dirakit di lokasi pemasangan.
  • Sangat ringan dan tidak memerlukan peralatan berat untuk pemasangannya.
  • Sangat Ramah lingkungan (environmental friendly)
  • Sangat kuat, karena didesain mampu menahan beban kendaraan diatasnya (sampai 10 ton/m2)
  • Sangat praktis karena mempunyai berbagai dimensi/ukuran, sehingga mampu memenuhi seluruh kebutuhan, mulai dari hanya kapasitas 0.07 m3 sampai dengan ratusan bahkan ribuan m3.
  • Effisiensi biaya karena dapat menekan biaya penggalian, pengiriman dan instalasi.
  • Permukaan tangki memiliki tingkat peresapan air sangat tinggi mencapai diatas 90%.
  • Bebas perawatan
  • 1 m3 tangki modular dapat menampung 950 liter air

Fungsi

Selain sebagai  sumur resapan, tangki modular memiliki berbagai fungsi  lain diantaranya sebagai tangki penyimpanan air, heavy duty leach drain, kanal bawah tanah (underground channels), sistim drainase jalan raya dan lain sebagainya.

Instalasi

Instalasi atau pemasangan tangki modular relatif sangat mudah dan cepat. Untuk skala kecil, tidak memerlukan peralatan selain alat penggali dan tenaga manusia. Sedangkan pada skala sedang sampai besar, peralatan kerja yang dibutuhkan hanya alat penggali sejenis Bobcat™. Selebihnya dapat menggunakan tenaga manusia.

Masa Depan Sumur Resapan Dengan Tanki Modular

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh tangki modular, diharapkan program pemerintah daerah untuk pelestarian air tanah dengan kewajiban membuat sumur resapan dapat berjalan dengan baik. Karena dengan produk teknologi mutakhir ini, kapasitas sumur resapan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan/daya beli masyarakat. Selain itu, pemerintah daerah dapat turut serta secara aktif terlibat dalam pembangunan sumur-sumur resapan dengan membangun sumur/tangki-tangki resapan berkapasitas besar di lahan-lahan terbuka seperti taman, trotoar dan area lainnya.

Contoh aplikasi tangki modular dalam skala besar

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s